Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo Logo Berakhlak
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Pusat Pelayanan BPS Kota Denpasar
    • Regulasi
    • Rencana Strategis
    • Tentang BPS Kota Denpasar
      • Informasi Umum
      • Visi dan Misi
      • Struktur Organisasi
      • Tugas, Fungsi, dan Kewenangan
      • Pengolahan Data
      • Profil Singkat Pejabat
    • Kinerja BPS Kota Denpasar
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Penghargaan
      • Laporan Pelayanan Data
      • Program dan Kegiatan
      • Keuangan
      • Rencana Strategis
      • Tentang BPS Kota Denpasar
      • Indikator Kinerja
      • Laporan Kinerja
      • Perjanjian Kinerja
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Jadwal Jumpa Pers
      • Regulasi
      • Berita Resmi Statistik
      • Publikasi Online
      • Unduh
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
DATA SENSUS
Beranda » Pariwisata

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Pemerintahan

Pendidikan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Industri

Inflasi

Keuangan

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto Menurut Lapangan Usaha

Produk Domestik Regional Bruto Menurut Pengeluaran

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Perikanan

Perkebunan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi
  • Konsep
  • Metodologi
  • Tabel/Indikator
  • Publikasi
  • Tabel Dinamis

Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara


Definisi wisatawan mancanegara sesuai dengan rekomendasi United Nation World Tourism Organization (UNWTO) adalah setiap orang yang mengunjungi suatu negara di luar tempat tinggalnya, didorong oleh satu atau beberapa keperluan tanpa bermaksud memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi dan lamanya kunjungan tersebut tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan. Definisi ini mencakup dua kategori tamu mancanegara, yaitu

  1. Wisatawan (tourist)

    adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal paling sedikit dua puluh empat jam, akan tetapi tidak lebih dari dua belas (12) bulan di tempat yang dikunjungi dengan maksud kunjungan antara lain :

    1. berlibur, rekreasi dan olahraga

    2. bisnis, mengunjungi teman dan keluarga, misi, menghadiri pertemuan, konferensi, kunjungan dengan alasan kesehatan, belajar, dan keagamaan


  2. Pelancong (Excursionist)

    adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal kurang dari dua puluh empat jam di tempat yang dikunjungi (termasuk cruise passenger yaitu setiap pengunjung yang tiba di suatu negara dengan kapal atau kereta api, dimana mereka tidak menginap di akomodasi yang tersedia di negara tersebut).


Konsep dan Definisi Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia


  1. Usaha Akomodasi

    adalah suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran.


  2. Hotel berbintang

    adalah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran dan telah memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang seperti yang telah ditentukan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda). Ciri khusus dari hotel adalah mempunyai restoran yang berada di bawah manajemen hotel tersebut.


  3. Hotel non bintang

    adalah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dimana setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran dan belum memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang tetapi telah memenuhi kriteria sebagai hotel melati yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda).


  4. Penginapan Remaja

    adalah usaha jasa pelayanan penginapan bagi remaja sebagai akomodasi dalam rangka kegiatan pariwisata dengan tujuan untuk rekreasi, memperluas pengetahuan/pengalaman.


  5. Pondok wisata

    adalah usaha jasa pelayanan penginapan bagi umum yang dilakukan perorangan dengan menggunakan sebagian atau seluruh dari tempat tinggalnya (dengan pembayaran harian).


  6. Perkemahan

    adalah usaha penyediaan tempat penginapan di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau kereta gandengan bawaan sendiri sebagai tempat penginapan, termasuk juga caravan.


  7. Akomodasi lainnya

    adalah usaha penyediaan tempat penginapan yang tidak termasuk kriteria di atas seperti wisma, losmen, dll.


  8. Rata-rata Tenaga Kerja Per Usaha

    adalah hasil bagi jumlah tenaga kerja pada usaha akomodasi (sesuai dengan klasifikasi) dengan jumlah usaha akomodasi (yang termasuk ke dalam klasifikasi/kelompok tersebut).


  9. Rata-rata Tenaga Kerja Per Kamar

    adalah hasil bagi jumlah tenaga kerja pada usaha akomodasi dengan jumlah kamar usaha akomodasi (sesuai dengan klasifikasi)


  10. Rata-rata Tamu Per Hari

    adalah rata-rata tamu yang datang dan menginap di hotel akomodasi per harinya, dihitung berdasarkan tamu yang datang dan menginap selama tahun tersebut.


SUMBER DATA

Pengunjung

A/D Kartu dari Dirjen Imigrasi.
Passenger Exit Survey (PES), Pusat Data dan Informasi, Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hotel dan Akomodasi

Data primer berdasarkan pada survey yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan menggunakan kuesioner VHT-S secara bulanan dan kuesioner VHT-L secara tahunan.



CAKUPAN

Pengunjung

Data mengenai wisatawan mancanegara mencakup semua wisatawan mancanegara yang tiba di Indonesia melalui bandara, pelabuhan dan melalui darat. Ada 93 pintu kedatangan yang berada diseluruh wilayah Indonesia, 65 diantaranya adalah pelabuhan, 24 adalah bandara dan 4 melalui darat. Empat bandara utama adalah Soekarno-Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Polonia (Medan) dan Sekupang (Batam).

Hotel dan Akomodasi

1. Bulanan. Data yang dikumpulkan adalah data tingkat hunian kamar dan rata-rata lama menginap yang mencakup seluruh hotel bintang di 20 provinsi.

2. Tahunan. Data tingkat hunian kamar dan rata-rata lama menginap dikumpulkan dari seluruh hotel bintang dan sampel hotel non bintang. Data jumlah akomodasi, rata-rata pekerja dan jumlah tamu per hari dikumpulkan dari seluruh usaha akomodasi di Indonesia.

PENGUMPULAN DATA

Data yang disajikan dalam publikasi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara didasarkan pada pengumpulan kartu Arrival and Departure (A/D Card) dari Direktorat Jenderal Imigrasi.
Data statistik hotel dan akomodasi lainnya dikumpulkan dan diolah oleh Subdirektorat Statistik Pariwisata Badan Pusat Statistik.

Data penerimaan, pengeluaran dan rata-rata lama tinggal yang dirinci menurut berbagai karakteristik dari wisatawan mancanegara diperoleh dari hasil Passenger Exit Survey yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

No. Judul Tabel Update Ket.
Kedatangan Wisman Per Bulan, 1982-2014 1982 - 2014
Banyaknya Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasi dan Kelas Hotel Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Banyaknya Kamar Tersedia pada Hotel Non Bintang dan Akomodasi Lainnya Menurut Kab./Kota dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Kamar yang Tersedia pada Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasinya Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Kamar yang Tersedia pada Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasinya Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Banyaknya Tamu Asing yang Datang pada Hotel Non Bintang dan Akomodasi Lainnya Menurut Bulan dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Tamu Domestik yang Datang pada Hotel Non Bintang dan Akomodasi Lainnya Menurut Bulan dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Tempat Tidur Tersedia pada Hotel Non Bintang dan Akomodasi Menurut Kabupaten/Kota dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasinya Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Banyaknya Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasinya Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Banyaknya Wisatawan Mancanegara yang Datang Langsung ke Bali per Bulan Tahun 2009 - 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Karakteristik Wisman Menurut Frekuensi Kunjungan ke Bali Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Karakteristik Wisman Menurut Jenis Kelamin, Lama Tinggal, dan Rata-rata Pengeluaran Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Lama Tinggal Wisman Menurut Pekerjaan Utama Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Lama Tinggal Wisman Menurut Tujuan Perjalanan Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Pengeluaran Wisman per Hari Menurut Frekuensi Kunjungan ke Bali Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Persentase Tingkat Penghunian Kamar Hotel Berbintang Menurut Bulan dan Kelas Hotel di Bali Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Persentase Tingkat Penghunian Kamar Hotel Non Bintang dan Akomodasi lainnya di Bali Dirinci Menurut Bulan dan Kelas Hotel Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Persentase Wisman Menurut Kelompok Umur Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Persentase Wisman Menurut Teman Perjalanan dan Paket Tour Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Persentase Wisman Menurut Tempat Menginap Tahun 2009 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap (hari) Tamu Asing di Hotel Non Bintang & Akomodasi Lainnya Menurut Bulan dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap (hari) Tamu di Hotel Berbintang Menurut Bulan dan Kelas Hotel di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap (hari) Tamu Domestik di Hotel Non Bintang dan Akomodasi Lainnya Menurut Bulan dan Kelompok Kamar di Bali Tahun 2013 06 Nov 2014 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap Tamu Asing di Hotel Berbintang Menurut Bulan dan Kelas Hotel di Bali Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap Tamu di Hotel Berbintang Menurut Bulan dan Kelas Hotel di Bali Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Rata-Rata Lama Menginap Tamu Domestik pada Hotel Berbintang Menurut Bulan dan Kelas Hotel di Bali Tahun 2014 01 Mar 2015 Statistik Dasar
Tingkat Penghunian Kamar, Rata-rata Lama Tamu Menginap Per Kelompok Hotel di Kota Denpasar, 2015 25 Jul 2016 Statistik Dasar
No Judul Publikasi Tanggal Rilis

Tabel Dinamis Subjek Pariwisata


1. Pilih Data

[Sembunyikan]
Pilih Subyek, Indikator dan Periode Waktu
Subyek
1.2 Indikator
Indikator:
Karakteristik :
1.3 Waktu
Data Terpilih:

2. Pilih Judul Baris

[Sembunyikan]
Secara default seluruh judul baris akan terpilih

3. Pilih Tata Letak Tabel

[Sembunyikan]
Pilih tata letak untuk menampilkan hasil data
Desember 2022 Kota Denpasar tercatat inflasi setinggi 0.48 persen, info lebih lanjut klik di sini. || Telah dirilis Kota Denpasar Dalam Angka 2022, klik di sini || Hasil Sensus Penduduk 2020 Provinsi Bali, klik di sini

Badan Pusat Statistik Kota Denpasar (Statistics of Denpasar Municipality)

Jl. Mulawarman No.11, Denpasar 80111, Telepon: (0361) 418770 Fax: (0361) 434326
Email : bps5171@bps.go.id , 
https://www.facebook.com/bpsdenpasar  ,  https://twitter.com/bpsdenpasar

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Pusat Pelayanan BPS Kota Denpasar
    • Regulasi
    • Rencana Strategis
    • Tentang BPS Kota Denpasar
    • Kinerja BPS Kota Denpasar
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Penghargaan
      • Laporan Pelayanan Data
      • Program dan Kegiatan
      • Keuangan
      • Rencana Strategis
      • Tentang BPS Kota Denpasar
      • Indikator Kinerja
      • Laporan Kinerja
      • Perjanjian Kinerja
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Jadwal Jumpa Pers
      • Regulasi
      • Berita Resmi Statistik
      • Publikasi Online
      • Unduh
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
      • Dikecualikan
  • Tautan
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Pemerintahan

Pendidikan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Industri

Inflasi

Keuangan

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto Menurut Lapangan Usaha

Produk Domestik Regional Bruto Menurut Pengeluaran

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Perikanan

Perkebunan

Peternakan

Tanaman Pangan